Industri Ritel Indonesia



Ritel merupakan mata rantai yang penting dalam proses distribusi barang, dan mata rantai terakhir dalam suatu proses distribusi. Melalui ritel, suatu produk dapat bertemu langsung dengan penggunanya. Produknya lebih pada pemenuhan kebutuhan rumah tangga dan sembilan bahan pokok. Industri ini telah berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), selain itu telah menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

 Bisnis ritel mempunyai peran yang sangat penting dalam menopang perekonomian Indonesia, hal ini dibuktikan ketika Indonesia dilanda krisis tahun 1997, yang mampu bertahan adalah industri ritel. Dalam perjalananya hingga tahun 2013, bisnis ritel tradisional cenderung mengalami penurunan beralih kepada bisnis ritel modern dikarenakan pengaruh oleh perubahan pada masyarakat, terutama perubahan gaya hidup dan terbukanya peluang oleh pemerintah bisnis ritel modern masuk ke wilayah di Indonesia. Hal inilah menjadi memicu perubahan bisnis ritel tradisional menjadi bisnis ritel modern. Riset Fitch Rating menyebutkan bahwa penetrasi ritel modern di Indonesia baru mencapai 14% dari total ritel yang ada. Bandingkan dengan Filipina yang sudah mencapai 25% atau Malaysia mencapai 53%.

 Ini berarti bahwa industri ritel di Indonesia masih berpeluang sangat besar untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Ritelteam (PT Ritelteam Sukses Indonesia) hadir sebagai salah satu perusahaan konsultan manajemen bisnis ritel yang akan memberikan membantu Anda untuk mewujudkan sebuah bisnis ritel dalam beragam bidang ritel, baik di bidang toko ritel modern (mini market, super market, department store, hardware store, dll), ritel bahan bangunan, apotik, dll.

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply

Usahaminimarket.com membantu anda dalam memiliki bisnis mini market dan perlengkapan minimarket seperti rak minimarket, gondola, display dan software minimarket konsultasi hub haris 081215737644

hubungi kami

hubungi kami